Because our species depends more on experience than on instinct, life cannot be lived without the conciousness of a personal past; and someone who has lost it trough illness or ageing is generally regarded as disqualified from normal live.
(John Tosh, The Pursuit of History, 2010)
Seperti John Tosh bilang, spesies kita sangat bergantung pada pengalaman daripada instingnya, dan bukankah pengalaman juga berkaitan dengan masa lalu? Jadi, sebenarnya kita sangat perlu untuk memahami masa lalu, paling tidak masa lalu kita sendiri.
Masa lalu seringkali dikaitkan dengan sejarah. Sejarah selalu berbicara tentang masa lalu. Benarkan demikian? Apakah sejarah tidak mampu membuat prediksi? Bagaimanakah kedudukan sejarah sebagai ilmu? Masa lalu yang mana yang dikaji dalam sejarah? Apakah semua peristiwa di masa lalu harus ditulis dalam sejarah?
Mungkin masih banyak deretan pertanyaan lain berkaitan dengan sejarah. Nah, kita akan membahasnya dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Sejarah.Berikut ini adalah Rancangan Perkuliahan Semester (RPS) Pengantar Ilmu Sejarah.
Rancangan Perkuliahan Semester (RPS)
MATA KULIAH
|
:
|
Pengantar Ilmu Sejarah
|
||
Sandi Mata Kuliah
|
:
|
PSEJ 622 (Prodi Pend.
Sejarah)
NSEJ 622 (Prodi Ilmu
Sejarah)
|
||
SKS/JS
|
:
|
3/3
|
||
Jurusan
|
:
|
Sejarah
|
||
Jenjang
|
:
|
Strata 1 (S1)
|
||
Semester
|
:
|
Gasal 2013/2014
|
||
Angkatan
|
:
|
2013
|
||
Jadwal
|
:
|
1.
Off A
|
Selasa 5-7
|
SK 104
|
2.
Off B
|
Kamis 7-9
|
SK 101
|
||
3.
Off C
|
Senin 7-9
|
SK 101
|
||
4.
Off D
|
Kamis 4-6
|
SK 101
|
||
5.
Off G
|
Selasa 8-10
|
I5. 103
|
||
Dosen
|
:
|
Prof. Dr. Hariyono, M.Pd./
Indah W.P. Utami, S.Pd., S.Hum., M.Pd.
|
I.
Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini mengkaji keberadaan sejarah sebagai
peristiwa, kisah, dan ilmu. Sebagai ilmu, sejarah memiliki metodologi yang
dapat memanfaatkan ilmu lain sebagai ilmu bantu dalam rangka merumuskan
masalah, mengumpulkan data, melakukan interpretasi hingga historiografi.
II.
Kompetensi
Mahasiswa
mampu memahami sejarah sebagai peristiwa, kisah dan ilmu beserta proses
penelitian dan penulisannya.
III.
Materi
1.
Sejarah sebagai peristiwa
2.
Sejarah sebagai kisah
3.
Sejarah sebagai ilmu
4.
Relasi manusia dengan sejarah/dunianya
5.
kebenaran dalam sejarah
6.
Subjektivitas dan objektivitas dalam sejarah
7.
Interpretasi sejarah
8.
Periodisasi sejarah
9.
Penelitian sejarah
10.
Pembelajaran sejarah
IV.
Kegiatan Perkuliahan
1.
Kegiatan perkuliahan menekankan pada keaktifan mahasiswa,
dosen hanya bertindak sebagai fasilitator dalam perkuliahan untuk melayani
mahasiswa agar mampu belajar secara optimal, baik mandiri maupun kooperatif.
2.
Perkuliahan dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan (sudah
termasuk UTS dan UAS). Setiap jadwal perkuliahan yang bertepatan dengan hari
libur atau sebab lain yang mengakibatkan dosen tidak bisa hadir dalam
perkuliahan, akan diganti melalui format yang sesuai dengan kesepakatan
bersama.
3.
Mahasiswa wajib memenuhi kriteria kehadiran minimal dalam
perkuliahan (80%), sehingga mahasiswa hanya diperkenankan tidak hadir 3 kali
dengan memberikan keterangan.
4.
Kegiatan perkuliahan formal dapat diselenggarakan dalam
format tatap muka di ruang perkuliahan atau di tempat lain yang representatif,
melalui kegiatan diskusi, ceramah, tanya-jawab, penugasan, observasi, penggalian
data, serta berbagai bentuk kegiatan yang lain.
5.
Perkuliahan diselenggarakan secara egaliter dan melalui
hubungan kesetaraan (equalitas) antara dosen dengan mahasiswa.
6.
Mahasiswa berhak menginterupsi, mengajukan pertanyaan,
memberi saran atau memberi kritik, bahkan melontarkan protes secara langsung
kepada dosen.
V.
Tugas Perkuliahan
1.
Tugas Kelompok
a.
Tugas ini harus dikerjakan secara berkelompok oleh seluruh
anggota kelompok. Setiap anggota kelompok harus terlibat secara aktif, tidak
boleh ada dominasi salah satu atau beberapa anggota tertentu, tidak boleh ada
keterlibatan semu salah satu atau beberapa anggota tertentu (sekedar “titip
nama”).
b.
Tugas kelompok adalah menyusun sebuah makalah sesuai topik
yang ditentukan. Makalah tersebut kemudian akan dipresentasikan dan dibahas dalam format diskusi
kelas.
c.
Dalam pengerjaan tugas, terdapat ketentuan bahwa semua harus
dikerjakan melalui teamwork, harus
dikerjakan bersama-sama oleh seluruh anggota kelompok. Demikian pula pada saat
pelaksanaan diskusi kelas juga harus melibatkan kerjasama antar anggota tim
secara kompak.
d.
Pemilihan anggota kelompok dilaksanakan
secara mandiri oleh mahasiswa. Kelompok yang telah terbentuk harus segera
melaporkan komposisi anggota kelompoknya paling lambat pada pertemuan kedua. Mahasiswa
disarankan untuk melakukan rapat kelas dalam pembentukan kelompok untuk
mencapai asas pemerataan komposisi anggota kelompok.
e.
Topik makalah dipilih secara bebas dan
mandiri oleh mahasiswa/kelompok berdasarkan pilihan tema yang disediakan.
Penentuan pemilihan topik makalah harus dilaporkan bersamaan dengan penentuan
anggota kelompok pada pertemuan kedua. Mahasiswa disarankan melakukan rapat
kelas untuk memperoleh pembagian tema secara adil.
f.
Setiap kelompok harus telah menyelesaikan dan mengumpulkan
tugasnya paling lambat tanggal 14 September 2013 pukul 15.00.
g.
Tugas dikumpulkan secara kolektif dan dijilid soft cover menjadi buku kumpulan makalah
per-offering. Setiap kelompok wajib memiliki minimal 1 eksemplar buku kumpulan
makalah offering. Selain itu soft file tugas
juga harus di-upload ke dalam blog
offering paling lambat tanggal 14 September 2013 pukul 15.00.
h.
Pada saat presentasi, setiap kelompok wajib membawa buku
kumpulan makalah.
i.
Petunjuk penulisan artikel adalah sebagai berikut:
1)
Makalah merupakan karya ilmiah dan harus memenuhi kaidah dan
etika penulisan karya ilmiah dengan mengacu pada PPKI UM!
2)
Dilarang keras melakukan praktik copy paste maupun tindak pidana plagiasi!
3)
Kelompok yang melakukan plagiasi tidak diperkenankan
mengikuti UAS dan nilainya otomatis E.
j.
REVISI: Setelah mempresentasikan makalah, maka setiap
kelompok diwajibkan untuk melakukan revisi berdasarkan masukan saran dan kritik
dari forum diskusi panel (audien dan dosen). Makalah revisi wajib di-upload ke blog offering paling lambat 2
minggu setelah presentasi.
2.
Tugas Akhir Terstruktur (Individu)
a.
Setiap mahasiswa diwajibkan menyusun sebuah makalah yang
merupakan hasil historiografi dengan tema sejarah keluarga masing-masing.
b.
Makalah di-upload ke
blog offering paling lambat tanggal 8 Desember 2013 pukul 24.00.
c.
Mahasiswa yang meng-upload
setelah waktu yang ditentukan tidak akan mendapatkan nilai tugas individu.
d.
Dua makalah terbaik dari tiap offering diperkenankan untuk
tidak mengikuti UAS dan nilai UAS-nya dianggap sama dengan nilai tugas
individu.
VI.
Assesment Perkuliahan
1.
Assesment terhadap mahasiswa dalam perkuliahan didasarkan
pada beberapa komponen:
a.
Nilai Proses (NP) diperoleh dengan merujuk pada kehadiran
mahasiswa, kuantitas keaktifan dalam perkuliahan dan diskusi, kualitas
keaktifan dalam perkuliahan dan diskusi. Dalam proses perkuliahan, dosen
sewaktu-waktu dapat memberikan kuis, dan perolehan nilai yang didapat mahasiswa
dalam kuis masuk ke dalam komponen Nilai Proses ini.
b.
Nilai UTS (N1) diperoleh dengan merujuk pada kejujuran dalam
pengerjaan UTS dan perolehan skor pengerjaan UTS.
c.
Nilai Tugas Individu (NTI) diperoleh dengan merujuk pada
kualitas penulisan makalah individu.
d.
Nilai Tugas Kelompok (NTK) diperoleh dengan merujuk pada
kualitas penulisan makalah kelompok; ditambah kualitas kinerja akademis
individu dalam diskusi kelompok; ditambah nilai yang diberikan audien setelah
diskusi kelompok {NTK= (Nilai makalah+Nilai Presentasi+Nilai Kelas):3}
e.
Nilai UAS (N2) diperoleh dengan merujuk pada kejujuran dalam
pengerjaan UAS dan perolehan skor pengerjaan UAS.
2.
Mahasiswa yang tidak bisa mengikuti UTS atau UAS karena sakit
yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Dokter atau alasan lain di luar
kemampuannya dapat mengikuti ujian susulan. Ujian susulan paling lambat 1
minggu setelah pelaksanaan ujian regular atau berdasarkan kesepakatan bersama,
asalkan tidak di luar semester.
3.
Nilai Akhir (NA) diperoleh dengan rumusan berikut:
4.
Penentuan Nilai Akhir menggunakan Penilaian Acuan
Kriteria/Patokan sesuai dengan Pedoman Pendidikan UM (pasal 55).
VII.
Sumber Pustaka
Abdullah,
T. & Surjomiharjo, A. 1985. Ilmu
Sejarah dan Historiografi: Arah dan Perspektif. Jakarta: Gramedia.
Ali,
M. 2006. Pengantar Sejarah Indonesia.
Yogyakarta: LKiS.
Gazalba,
S. 1981. Pengantar Sejarah sebagai Ilmu.
Jakarta: Bharata.
Gottschalk,
L. 1983. Mengerti Sejarah. terj.
Nugroho Notosusanto. Jakarta: Universitas Indonesia.
Kartodirjo,
S. 1982. Pemikiran dan Perkembangan
Historiografi Indonesia: Suatu Alternatif. Jakarta: Gramedia.
Kuntowijoyo.
2003. Metodologi Sejarah.Yogyakarta:
Tiara Wacana.
_____.
2004. Pengantar Ilmu Sejarah.
Yogyakarta: Bentang.
_____.
2008. Penjelasan Sejarah. Yogyakarta:
Tiara Wacana.
Marrow,
R.A. 1994. Critical Theory and
Methodology. London: Sage Publications.
Munslow,
A. 1997. Deconstructing History.
London-New York: Routledge.
Poespoprodjo,
W. 1987. Interpretasi. Bandung:
Remadja Karya.
_____.
1987. Subyektivitas dalam Historiografi.
Bandung: Remadja Karya.
Reiner,
G.J. 1997. Metode dan Manfaat Ilmu
Sejarah. terj. Muin Umar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sjamsuddin,
H. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta:
Ombak.
Soedjatmoko,
dkk. 1995. Historiografi Indonesia:
Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Storey,
W.K. 1999. Writing History: A guide for
Students. Oxford: Oxford University Press.
VIII.
Jadwal Kegiatan
Pertemuan
|
Topik dan Sub Topik
|
Kegiatan
|
1
|
a. Penyampaian RPS
b. Kontrak Belajar/Perkuliahan
c. Pengantar: pengertian dan ruang lingkup
sejarah
|
Pembahasan RPS dan kontrak belajar
Ceramah dan diskusi tentang ruang lingkup &
pengertian sejarah
|
2
|
Manusia dan Sejarah
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
3
|
Orientasi Historiografi dan
Kebudayaan
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
4
|
Sejarah sebagai Ilmu
|
Diskusi kelas kelompok 1
|
5
|
Ilmu Bantu Sejarah
|
Diskusi kelas kelompok 2
|
6
|
Kebenaran, Obyektivitas dan
Subyektivitas dalam Sejarah
|
Diskusi kelas kelompok 3
|
7
|
Peran Interpretasi dan Imajinasi
dalam Sejarah
|
Diskusi kelas kelompok 4
|
8
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
(UTS)
|
|
9
|
Fakta, Peristiwa dan Cerita
Sejarah
|
Diskusi kelas kelompok 5
|
10
|
Otentisitas dan Kredibilitas
Sejarah
|
Diskusi kelas kelompok 6
|
11
|
Periodisasi Sejarah
|
Diskusi kelas kelompok 7
|
12
|
Metode Penelitian Sejarah
|
Diskusi kelas kelompok 8
|
13
|
a.
Prinsip-prinsip Pembelajaran Sejarah (Prodi Pend. Sejarah)
b.
Prinsip-prinsip Penuliasan Sejarah (Prodi Ilmu Sejarah)
|
Diskusi kelas kelompok 9
|
14
|
Orientasi Filsafat dan Sejarah
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
15
|
Review Materi
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
16
|
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
|
Selamat Belajar!
Malang, 26 Agustus 2013
Indah W.P. Utami, S.Pd., S.Hum., M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar