Minggu, 25 Agustus 2013

Selamat Datang!

Because our species depends more on experience than on instinct, life cannot be lived without the conciousness of a personal past; and someone who has lost it trough illness or ageing is generally regarded as disqualified from normal live.
(John Tosh, The Pursuit of History, 2010)
Selamat datang mahasiswa baru Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang!
Seperti John Tosh bilang, spesies kita sangat bergantung pada pengalaman daripada instingnya, dan bukankah pengalaman juga berkaitan dengan masa lalu? Jadi, sebenarnya kita sangat perlu untuk memahami masa lalu, paling tidak masa lalu kita sendiri.

Masa lalu seringkali dikaitkan dengan sejarah. Sejarah selalu berbicara tentang masa lalu. Benarkan demikian? Apakah sejarah tidak mampu membuat prediksi? Bagaimanakah kedudukan sejarah sebagai ilmu? Masa lalu yang mana yang dikaji dalam sejarah? Apakah semua peristiwa di masa lalu harus ditulis dalam sejarah?

Mungkin masih banyak deretan pertanyaan lain berkaitan dengan sejarah. Nah, kita akan membahasnya dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Sejarah.Berikut ini adalah Rancangan Perkuliahan Semester (RPS) Pengantar Ilmu Sejarah.



Rancangan Perkuliahan Semester (RPS)
MATA KULIAH
:
Pengantar Ilmu Sejarah
Sandi Mata Kuliah
:
PSEJ 622 (Prodi Pend. Sejarah)
NSEJ 622 (Prodi Ilmu Sejarah)
SKS/JS
:
3/3
Jurusan
:
Sejarah
Jenjang
:
Strata 1 (S1)
Semester
:
Gasal 2013/2014
Angkatan
:
2013
Jadwal
:
1.      Off A
Selasa 5-7
SK 104


2.      Off B
Kamis 7-9
SK 101


3.      Off C
Senin 7-9
SK 101


4.      Off D
Kamis 4-6
SK 101


5.      Off G
Selasa 8-10
I5. 103
Dosen
:
Prof. Dr. Hariyono, M.Pd./
 Indah W.P. Utami, S.Pd., S.Hum., M.Pd.

I.              Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini mengkaji keberadaan sejarah sebagai peristiwa, kisah, dan ilmu. Sebagai ilmu, sejarah memiliki metodologi yang dapat memanfaatkan ilmu lain sebagai ilmu bantu dalam rangka merumuskan masalah, mengumpulkan data, melakukan interpretasi hingga historiografi.

II.              Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami sejarah sebagai peristiwa, kisah dan ilmu beserta proses penelitian dan penulisannya.

III.              Materi
1.      Sejarah sebagai peristiwa
2.      Sejarah sebagai kisah
3.      Sejarah sebagai ilmu
4.      Relasi manusia dengan sejarah/dunianya
5.      kebenaran dalam sejarah
6.      Subjektivitas dan objektivitas dalam sejarah
7.      Interpretasi sejarah
8.      Periodisasi sejarah
9.      Penelitian sejarah
10.  Pembelajaran sejarah

IV.              Kegiatan Perkuliahan
1.         Kegiatan perkuliahan menekankan pada keaktifan mahasiswa, dosen hanya bertindak sebagai fasilitator dalam perkuliahan untuk melayani mahasiswa agar mampu belajar secara optimal, baik mandiri maupun kooperatif.
2.         Perkuliahan dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan (sudah termasuk UTS dan UAS). Setiap jadwal perkuliahan yang bertepatan dengan hari libur atau sebab lain yang mengakibatkan dosen tidak bisa hadir dalam perkuliahan, akan diganti melalui format yang sesuai dengan kesepakatan bersama.
3.         Mahasiswa wajib memenuhi kriteria kehadiran minimal dalam perkuliahan (80%), sehingga mahasiswa hanya diperkenankan tidak hadir 3 kali dengan memberikan keterangan.
4.         Kegiatan perkuliahan formal dapat diselenggarakan dalam format tatap muka di ruang perkuliahan atau di tempat lain yang representatif, melalui kegiatan diskusi, ceramah, tanya-jawab, penugasan, observasi, penggalian data, serta berbagai bentuk kegiatan yang lain.
5.         Perkuliahan diselenggarakan secara egaliter dan melalui hubungan kesetaraan (equalitas) antara dosen dengan mahasiswa.
6.         Mahasiswa berhak menginterupsi, mengajukan pertanyaan, memberi saran atau memberi kritik, bahkan melontarkan protes secara langsung kepada dosen.

V.              Tugas Perkuliahan
1.      Tugas Kelompok
a.    Tugas ini harus dikerjakan secara berkelompok oleh seluruh anggota kelompok. Setiap anggota kelompok harus terlibat secara aktif, tidak boleh ada dominasi salah satu atau beberapa anggota tertentu, tidak boleh ada keterlibatan semu salah satu atau beberapa anggota tertentu (sekedar “titip nama”).
b.    Tugas kelompok adalah menyusun sebuah makalah sesuai topik yang ditentukan. Makalah tersebut kemudian akan dipresentasikan dan dibahas dalam format diskusi kelas.
c.    Dalam pengerjaan tugas, terdapat ketentuan bahwa semua harus dikerjakan melalui teamwork, harus dikerjakan bersama-sama oleh seluruh anggota kelompok. Demikian pula pada saat pelaksanaan diskusi kelas juga harus melibatkan kerjasama antar anggota tim secara kompak.
d.    Pemilihan anggota kelompok dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa. Kelompok yang telah terbentuk harus segera melaporkan komposisi anggota kelompoknya paling lambat pada pertemuan kedua. Mahasiswa disarankan untuk melakukan rapat kelas dalam pembentukan kelompok untuk mencapai asas pemerataan komposisi anggota kelompok.
e.    Topik makalah dipilih secara bebas dan mandiri oleh mahasiswa/kelompok berdasarkan pilihan tema yang disediakan. Penentuan pemilihan topik makalah harus dilaporkan bersamaan dengan penentuan anggota kelompok pada pertemuan kedua. Mahasiswa disarankan melakukan rapat kelas untuk memperoleh pembagian tema secara adil.
f.     Setiap kelompok harus telah menyelesaikan dan mengumpulkan tugasnya paling lambat tanggal 14 September 2013 pukul 15.00.
g.    Tugas dikumpulkan secara kolektif dan dijilid soft cover menjadi buku kumpulan makalah per-offering. Setiap kelompok wajib memiliki minimal 1 eksemplar buku kumpulan makalah offering. Selain itu soft file tugas juga harus di-upload ke dalam blog offering paling lambat tanggal 14 September 2013 pukul 15.00.
h.    Pada saat presentasi, setiap kelompok wajib membawa buku kumpulan makalah.
i.      Petunjuk penulisan artikel adalah sebagai berikut:
1)      Makalah merupakan karya ilmiah dan harus memenuhi kaidah dan etika penulisan karya ilmiah dengan mengacu pada PPKI UM!
2)      Dilarang keras melakukan praktik copy paste maupun tindak pidana plagiasi!
3)      Kelompok yang melakukan plagiasi tidak diperkenankan mengikuti UAS dan nilainya otomatis E.
j.      REVISI: Setelah mempresentasikan makalah, maka setiap kelompok diwajibkan untuk melakukan revisi berdasarkan masukan saran dan kritik dari forum diskusi panel (audien dan dosen). Makalah revisi wajib di-upload ke blog offering paling lambat 2 minggu setelah presentasi.

2.      Tugas Akhir Terstruktur (Individu)
a.    Setiap mahasiswa diwajibkan menyusun sebuah makalah yang merupakan hasil historiografi dengan tema sejarah keluarga masing-masing.
b.    Makalah di-upload ke blog offering paling lambat tanggal 8 Desember 2013 pukul 24.00.
c.    Mahasiswa yang meng-upload setelah waktu yang ditentukan tidak akan mendapatkan nilai tugas individu.
d.    Dua makalah terbaik dari tiap offering diperkenankan untuk tidak mengikuti UAS dan nilai UAS-nya dianggap sama dengan nilai tugas individu.

VI.              Assesment Perkuliahan
1.         Assesment terhadap mahasiswa dalam perkuliahan didasarkan pada beberapa komponen:
a.    Nilai Proses (NP) diperoleh dengan merujuk pada kehadiran mahasiswa, kuantitas keaktifan dalam perkuliahan dan diskusi, kualitas keaktifan dalam perkuliahan dan diskusi. Dalam proses perkuliahan, dosen sewaktu-waktu dapat memberikan kuis, dan perolehan nilai yang didapat mahasiswa dalam kuis masuk ke dalam komponen Nilai Proses ini.
b.    Nilai UTS (N1) diperoleh dengan merujuk pada kejujuran dalam pengerjaan UTS dan perolehan skor pengerjaan UTS.
c.    Nilai Tugas Individu (NTI) diperoleh dengan merujuk pada kualitas penulisan makalah individu.
d.    Nilai Tugas Kelompok (NTK) diperoleh dengan merujuk pada kualitas penulisan makalah kelompok; ditambah kualitas kinerja akademis individu dalam diskusi kelompok; ditambah nilai yang diberikan audien setelah diskusi kelompok {NTK= (Nilai makalah+Nilai Presentasi+Nilai Kelas):3}
e.    Nilai UAS (N2) diperoleh dengan merujuk pada kejujuran dalam pengerjaan UAS dan perolehan skor pengerjaan UAS.
2.         Mahasiswa yang tidak bisa mengikuti UTS atau UAS karena sakit yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Dokter atau alasan lain di luar kemampuannya dapat mengikuti ujian susulan. Ujian susulan paling lambat 1 minggu setelah pelaksanaan ujian regular atau berdasarkan kesepakatan bersama, asalkan tidak di luar semester.
3.         Nilai Akhir (NA) diperoleh dengan rumusan berikut:
4.         Penentuan Nilai Akhir menggunakan Penilaian Acuan Kriteria/Patokan sesuai dengan Pedoman Pendidikan UM (pasal 55).

VII.              Sumber Pustaka
Abdullah, T. & Surjomiharjo, A. 1985. Ilmu Sejarah dan Historiografi: Arah dan Perspektif. Jakarta: Gramedia.
Ali, M. 2006. Pengantar Sejarah Indonesia. Yogyakarta: LKiS.
Gazalba, S. 1981. Pengantar Sejarah sebagai Ilmu. Jakarta: Bharata.
Gottschalk, L. 1983. Mengerti Sejarah. terj. Nugroho Notosusanto. Jakarta: Universitas Indonesia.
Kartodirjo, S. 1982. Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia: Suatu Alternatif. Jakarta: Gramedia.
Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah.Yogyakarta: Tiara Wacana.
_____. 2004. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang.
_____. 2008. Penjelasan Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Marrow, R.A. 1994. Critical Theory and Methodology. London: Sage Publications.
Munslow, A. 1997. Deconstructing History. London-New York: Routledge.
Poespoprodjo, W. 1987. Interpretasi. Bandung: Remadja Karya.
_____. 1987. Subyektivitas dalam Historiografi. Bandung: Remadja Karya.
Reiner, G.J. 1997. Metode dan Manfaat Ilmu Sejarah. terj. Muin Umar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sjamsuddin, H. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Soedjatmoko, dkk. 1995. Historiografi Indonesia: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Storey, W.K. 1999. Writing History: A guide for Students. Oxford: Oxford University Press.

VIII.              Jadwal Kegiatan
Pertemuan
Topik dan Sub Topik
Kegiatan
1
a. Penyampaian RPS
b. Kontrak Belajar/Perkuliahan
c. Pengantar: pengertian dan ruang lingkup sejarah
Pembahasan RPS dan kontrak belajar
Ceramah dan diskusi tentang ruang lingkup & pengertian sejarah

2
Manusia dan Sejarah
Ceramah dan tanya jawab
3
Orientasi Historiografi dan Kebudayaan
Ceramah dan tanya jawab
4
Sejarah sebagai Ilmu
Diskusi kelas kelompok 1
5
Ilmu Bantu Sejarah
Diskusi kelas kelompok 2
6
Kebenaran, Obyektivitas dan Subyektivitas dalam Sejarah
Diskusi kelas kelompok 3
7
Peran Interpretasi dan Imajinasi dalam Sejarah
Diskusi kelas kelompok 4
8
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
9
Fakta, Peristiwa dan Cerita Sejarah
Diskusi kelas kelompok 5
10
Otentisitas dan Kredibilitas Sejarah
Diskusi kelas kelompok 6
11
Periodisasi Sejarah
Diskusi kelas kelompok 7
12
Metode Penelitian Sejarah
Diskusi kelas kelompok 8
13
a.       Prinsip-prinsip Pembelajaran Sejarah (Prodi Pend. Sejarah)
b.      Prinsip-prinsip Penuliasan Sejarah (Prodi Ilmu Sejarah)
Diskusi kelas kelompok 9
14
Orientasi Filsafat dan Sejarah
Ceramah dan tanya jawab
15
Review Materi
Ceramah dan tanya jawab
16
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)



Selamat Belajar!


Malang, 26 Agustus 2013
Indah W.P. Utami, S.Pd., S.Hum., M.Pd.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar