Kamis, 27 Februari 2014

RPS Filsafat Sejarah



SILABUS PERKULIAHAN (RPS)

MATA KULIAH
:
Filsafat Sejarah
Sandi Mata Kuliah
:
SJB 429
SKS/JS
:
3/3
Jurusan
:
Sejarah
Program Studi
:
Pendidikan Sejarah
Ilmu Sejarah
Jenjang
:
Strata 1 (S1)
Semester
:
Genap 2013/2014
Angkatan
:
2011
Waktu dan Ruang
:
Off A:
Kamis 7-9
SK1.02


Off B:
Rabu 4-6
SK2.03


Off C:
Kamis 4-6
SK2.04B


Off D:
Kamis 1-3
SK2.04B


Off G:
Rabu 7-9
SK2.03
Pembina Matakuliah
:
Prof. Dr. Hariyono, M.Pd./
Indah W.P. Utami, S.Pd., S.Hum., M.Pd

I.          Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini menelaah pemikiran filsafat sejarah spekulatif maupun filsafat sejarah kritis.
II.          Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami pemikiran filsafat sejarah spekulatif maupun filsafat sejarah kritis.
III.          Materi
Pengertian filsafat sejarah, Manusia dan Dunia, Pengaruh Filsafat Sejarah dalam Penelitian dan Pembelajaran Sejarah, Filsafat Sejarah Barat, Filsafat Sejarah Timur, Sejarah spekulatif (Hegel dan Marx), pandangan Francis Fukuyama tentang sejarah, Sejarah sebagai Ilmu Profetik, sejarah kritis (positivism, hermeneutika dan narativisme)
IV.          Kegiatan Perkuliahan
1.      Kegiatan perkuliahan menekankan pada keaktifan mahasiswa, dosen hanya bertindak sebagai fasilitator dalam perkuliahan untuk melayani mahasiswa agar mampu belajar secara optimal, baik mandiri maupun kooperatif.
2.      Perkuliahan dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan (sudah termasuk UTS) dan 1 kali UAS. Setiap jadwal perkuliahan yang bertepatan dengan hari libur atau sebab lain yang mengakibatkan dosen tidak bisa hadir dalam perkuliahan, akan diganti melalui format yang sesuai dengan kesepakatan bersama.
3.      Mahasiswa wajib memenuhi kriteria kehadiran minimal dalam perkuliahan (80%), sehingga mahasiswa hanya diperkenankan tidak hadir 3 kali dengan memberikan keterangan.
4.      Kegiatan perkuliahan formal dapat diselenggarakan dalam format tatap muka di ruang perkuliahan atau di tempat lain yang representatif, melalui kegiatan diskusi, ceramah, tanya-jawab, penugasan, observasi, penggalian data, serta berbagai bentuk kegiatan yang lain.
5.      Diluar perkuliahan formal, mahasiswa memiliki hak untuk mengajukan pertanyaan, bimbingan, dan layanan konsultasi akademis.
6.      Perkuliahan diselenggarakan secara egaliter dan melalui hubungan kesetaraan (equalitas) antara dosen dengan mahasiswa.

V.          Tugas Perkuliahan
1.      Tugas Kelompok
a.    Tugas ini harus dikerjakan secara berkelompok oleh seluruh anggota kelompok. Setiap anggota kelompok harus terlibat secara aktif, tidak boleh ada dominasi salah satu atau beberapa anggota tertentu, tidak boleh ada keterlibatan semu salah satu atau beberapa anggota tertentu (sekedar “titip nama”).
b.    Tugas kelompok adalah menyusun sebuah makalah sesuai topik yang ditentukan. Makalah tersebut kemudian akan dipresentasikan dan dibahas dalam format diskusi kelas.
c.    Dalam pengerjaan tugas, terdapat ketentuan bahwa semua harus dikerjakan melalui teamwork, harus dikerjakan bersama-sama oleh seluruh anggota kelompok. Demikian pula pada saat pelaksanaan diskusi kelas juga harus melibatkan kerjasama antar anggota tim secara kompak.
d.    Pemilihan anggota kelompok dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa. Kelompok yang telah terbentuk harus segera melaporkan komposisi anggota kelompoknya paling lambat pada pertemuan kedua. Mahasiswa disarankan untuk melakukan rapat kelas dalam pembentukan kelompok untuk mencapai asas pemerataan komposisi anggota kelompok.
e.    Topik makalah dipilih secara bebas dan mandiri oleh mahasiswa/kelompok berdasarkan pilihan topik yang disediakan. Penentuan pemilihan topik makalah harus dilaporkan bersamaan dengan penentuan anggota kelompok pada pertemuan kedua. Mahasiswa disarankan melakukan rapat kelas untuk memperoleh pembagian tema secara adil.
f.     Setiap kelompok harus telah menyelesaikan dan mengumpulkan tugasnya paling lambat pada pertemuan keempat.
g.    Tugas dikumpulkan secara kolektif dan dijilid soft cover menjadi buku kumpulan makalah per-offering. Setiap kelompok wajib memiliki minimal 1 eksemplar buku kumpulan makalah offering. Selain itu soft file tugas juga harus di-upload ke dalam blog offering paling lambat pada pertemuan keempat
h.    Pada saat presentasi, setiap kelompok wajib membawa buku kumpulan makalah.
i.      Petunjuk penulisan makalah adalah sebagai berikut:
1)    Makalah merupakan karya ilmiah dan harus memenuhi kaidah dan etika penulisan karya ilmiah dengan mengacu pada PPKI UM!
2)    Dilarang keras melakukan praktik copy paste maupun tindak pidana plagiasi!
3)    Kelompok yang melakukan plagiasi tidak diperkenankan mengikuti UAS dan nilainya otomatis E.
j.      REVISI: Setelah mempresentasikan makalah, maka setiap kelompok diwajibkan untuk melakukan revisi berdasarkan masukan saran dan kritik dari forum diskusi panel (audien dan dosen). Makalah revisi wajib di-upload ke blog offering paling lambat 2 minggu setelah presentasi.
2.      Tugas Akhir Terstruktur (Individu)
a.    Setiap mahasiswa diwajibkan mereview sebuah buku sejarah dan menganalisis filsafat sejarah spekulatif maupun filsafat sejarah kritis yang dianut oleh penulis buku tersebut.
b.    Review buku diketik dengan menggunakan font Arial 12, spasi 1,5, rata kiri, pada kertas A4, maksimal 5 halaman. Identitas mahasiswa (Nama, NIM, Off) dicantumkan pada pojok kanan atas halaman pertama. Identitas buku (Judul, Pengarang, Tahun terbit dan penerbit) ditulis pada pojok kiri atas halaman pertama.
c.    Review buku dikumpulkan dalam bentuk print out pada pertemuan ke-15.
d.    Mahasiswa yang mengumpulkan setelah waktu yang ditentukan tidak akan mendapatkan nilai tugas individu.
e.    Dua review buku terbaik dari tiap offering diperkenankan untuk tidak mengikuti UAS dan nilai UAS-nya dianggap sama dengan nilai tugas individu.

VI.        Assesment Perkuliahan
1.         Assesment terhadap mahasiswa dalam perkuliahan didasarkan pada beberapa komponen:
a.    Nilai Proses (NP) diperoleh dengan merujuk pada kehadiran mahasiswa, kuantitas keaktifan dalam perkuliahan dan diskusi, kualitas keaktifan dalam perkuliahan dan diskusi. Dalam proses perkuliahan, dosen sewaktu-waktu dapat memberikan kuis, dan perolehan nilai yang didapat mahasiswa dalam kuis masuk ke dalam komponen Nilai Proses ini.
b.    Nilai UTS (N1) diperoleh dengan merujuk pada kejujuran dalam pengerjaan UTS dan perolehan skor pengerjaan UTS.
c.    Nilai Tugas Individu (NTI) diperoleh dengan merujuk pada kualitas penulisan tugas individu.
d.    Nilai Tugas Kelompok (NTK) diperoleh dengan merujuk pada kualitas penulisan makalah kelompok; ditambah kualitas kinerja akademis individu dalam diskusi kelompok; ditambah nilai yang diberikan audien setelah diskusi kelompok {NTK= (Nilai makalah+Nilai Presentasi+Nilai Kelas):3}
e.    Nilai UAS (N2) diperoleh dengan merujuk pada kejujuran dalam pengerjaan UAS dan perolehan skor pengerjaan UAS.
2.         Mahasiswa yang tidak bisa mengikuti UTS atau UAS karena sakit yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Dokter atau alasan lain di luar kemampuannya dapat mengikuti ujian susulan. Ujian susulan paling lambat 1 minggu setelah pelaksanaan ujian regular atau berdasarkan kesepakatan bersama, asalkan tidak di luar semester.
3.         Nilai Akhir (NA) diperoleh dengan rumusan berikut:
                           NP + N1 + NTI + NTK + N2
            NA   = __________________________
                                             5

4.         Penentuan Nilai Akhir menggunakan Penilaian Acuan Kriteria/Patokan sesuai dengan Pedoman Pendidikan UM (pasal 55).


VI.          Sumber Pustaka
Ankersmit, F.R. 1987. Refleksi tentang Sejarah; Pendapat-pendapat Modern tentang Filsafat Sejarah. Terj. Dick Hartoko. Jakarta: Gramedia.
Fromm, E. 2001. Konsep Manusia Menurut Marx. Ter. A. Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fukuyama, F. 2003. The End of History and The Last Man: Kemenangan Kapitalisme dan Demokrasi Liberal. Yogyakarta: Qalam.
Hardiman, F.B. 1990. Kritik Ideologi, Pertautan Pengetahuan dan Kepentingan. Yogyakarta: Kanisius.
Hartman, R.S. (Peny.). 2005. Hegel: Nalar dalam Sejarah. Terj. Sallahudien. Jakarta: Teraju.
Hegel, G.W.F.2001. Filsafat Sejarah. Terj. C.A. Wijaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kartodirdjo, S. 1982. Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia, suatu alternative. Jakarta: Gramedia.
Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
_______.2008. Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi.Jakarta: Mizan.
­­­­­­­­­­_______. 2008. Penjelasan Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Lemon, M.C. 2003. Philosophy of History: A Guide for Students. London: Routledge.
Magnis-Suseno, F. 1999. Pemikiran Karl Marx; Dari Sosialisme Utopis ke Perselisihan Revisionisme. Jakarta: Gramedia.
Morrow, R.A. 1994. Critical Theory and Methodology. London: Sage Publications.
Munslow, A. 1997. Deconstructing History. London-New York: Routledge.
Muzir, I.R. 2008. Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Palmer, R.E. 2005. Hermeneutika, Teori Baru Mengenai Interpretasi. Terj. Herry & Damanhuri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Poespoprodjo, W. 1987. Interpretasi. Bandung: Remadja Karya.
______.  1987. Subjektivitas dalam Historiografi. Bandung: Remadja Karya.
Schaff, A. 1976. History & Truth. Oxford: Pergamon Press.
Sjamsuddin, H. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Soedjatmoko dkk. 1995. Historiografi Indonesia, Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Sumaryono, E. 1993. Hermeneutik Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.
Walsh, W.H. 1967. Philosophy of History an Introduction. New York: Harper Torhbooks.
dan buku-buku/referensi  lain yang terkait dengan filsafat sejarah.

I.          Jadwal Kegiatan
Pertemuan
Topik
Keterangan
1
Pengantar dan Pengenalan tentang Filsafat Sejarah
Pembahasan RPS
Pengenalan akan hakekat filsafat sejarah
2
Manusia dan Dunia
Ceramah, diskusi dan Tanya jawab
3
Karakteristik Filsafat Sejarah Reflektif dan Kritis
Ceramah dan Tanya Jawab
4
Pengaruh Filsafat terhadap Penulisan dan Pembelajaran Sejarah
Ceramah dan Tanya Jawab
5
Filsafat Sejarah Barat
Diskusi Kelas 1
6
Filsafat Sejarah Timur
Diskusi Kelas 2
7
Pemikiran Sejarah Hegel
Diskusi Kelas 3
8
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Tulis atau Lisan
9
Pemikiran Sejarah Karl Marx
Diskusi Kelas 4
10
Pandangan Fukuyama tentang Sejarah
Diskusi Kelas 5
11
Sejarah sebagai Ilmu Profetik
Diskusi Kelas 6
12
Positivisme
Diskusi Kelas 7
13
Hermeneutika
Diskusi Kelas 8
14
Narativisme
Diskusi Kelas 9
15
Refleksi terhadap Perkuliahan Filsafat Sejarah
Dialog dan Refleksi
16
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar